Saturday, September 19, 2009

Tentang kalimat "Minal Aidzin wal fa Idzin".

Lebaran telah datang, hari kemenangan telah d raih. Seluruh umat muslim d dunia berbondong2 pergi ke masjid, lapangan bola, lapangan parkir atau bahkan depan kantor2 untuk menunaikan sholat Eid.(kecuali yang stuck d kerjaannya/ketiduran/halangan2 yang lain).
Di Indonesia, semua (hampir semua), berlomba2 mengucapkan “Minal Aidzin wal fa idzin, mohon maaf lahir batin”. Saling bersalam2an, sungkem, senyum satu dengan yang lainnya. Hari ini seperti semua berjalan dengan sempurna, seperti tidak akan ada lagi penderitaan d dunia ini...Aminnnn I hope it’s last forever.
Tapi banyak dari kita yang kurang mengerti arti “Minal Aidzin wal fa idzin”. Saya sendiri selama ini... mengira bahwa “minal Aidzin walfa idzin” berarti “mohon maaf lahir dan bathin” dan biasa d sebutkan pada hari raya Idul Fitri d seluruh dunia. Ternyata, “Minal Aidzin wal fa idzin” hanya d kenal d Indonesia saja, maksudnya hanya biasa d ucapkan pada hari raya d Indonesia saja. Bahkan d Negara asal bahasa tersebut, Arab, “Minal Aidzin wal fa idzin” bukan hal yang ladzim d ucapkan pada hari raya. Dan budaya bermaaf-maafan juga hanya di lakukan oleh orang2 Indonesia saja, mungkin Malaysia juga sih. Tapi d Arab, tidak ada budaya bermaaf-maafan tersebut.
Jadi Apasih kata-kata “Minal Aidzin wal fa idzin” itu sebenarnya. Arti kalimat “Minal Aidzin wal fa idzin” adalah insya Allah ”Semoga Anda termasuk orang-orang yang kembali dan termasuk orang yang menang”. Kalimat ini biasanya, insya Allah, di ucapkan oleh nabi Muhammad SAW, saat menyambut para sahabatnya saat pulang dari perang. Tidak ada dalam sejarah, kalau kalimat “Minal Aidzin wal fa idzin” ini d ucapkan saat Idul Fitri.
Kalimat yang biasa d ucapakan oleh nabi Muhammad SAW. Saat idul Fitri, Insya Allah adalah “Taqabbalallahu minnaa wa minkum” yang Insya Allah artinya “Semoga Allah menerima dari kami dan dari kalian”.
Tapi menurut saya, bukan berarti mengucapkan “Minal Aidzin wal fa idzin” adalah hal yang salah, dan bermaaf2an adalah hal yang salah. Bagi saya itu merupakan salah bukti begitu kayanya budaya Indonesia, begitu islaminya orang Indonesia, sebab d Isalam kita di ajarkan untuk Ikhlas dan saling memafkan.
So..teman2, friends, and family. Dengan ini saya mengucapkan:
Selamat Hari Raya Kemenangan, Hari Raya Idul Fitri
Taqobbalallahu minna wa minkum shiyamana washiyamakum
Ja’alanallahu wa iyyakum minal ‘aidin wal fa’izin
Dan juga
Mohon maaf lahir batin atas segala kesalahan saya baik yang d sengaja maupun yang tidak saya sengaja serta mohon ke ikhlasannya.

No comments:

Post a Comment

Visitors Counter

free counters