Sunday, February 8, 2009

Hal hal yang perlu di siapkan untuk sekolah ke Australia. Part 1

Hal hal yang perlu di siapkan untuk sekolah ke Australia.

1. Cari Informasi jauh jauh sebelumnya, pinginnya sekolah apa. Di Surabaya biasanya setiap ajaran baru sering ada pameran pendidikan, terutama ke Australia. Datang aja, trus gak usah malu untuk nanyak2.
Untuk biaya hidup di Australi:
Rent : alokasikan AU$150 - $200 per minggu
Makan : kalo masak sendiri, $50 per minggu akan lebih murah kalo beli bahannya ke pasar grosir (langsung banyak), tapi kudu janjian sama temen soalnya belinya g boleh sedikit.
Transport: disini bus/train banyak. kalo gak salah untuk studen tarifnya murah, tergantung tujuannya. aku sendiri jarang naik bus. aku selalu naik mobil, eit....tunggu dulu, bukan berarti aku kaya lho. mobilku dulu toyota corola tahun 78, beli dari temen yang mau pulang ke negaranya, belinya dulu $150. memang bukan mobil bagus sih, tapi cukup untuk alat transport ke mana2 termasuk kerja. untuk bensin kira kira seminggu habis $40. (kalo beli skuter 50cc bensin bisa seminggu $10).
jadi total biaya hidup dalam 1 bulan sekitar $1000-$1500 (ini dah enak banget).


2. Kalo dah menentukan pinginnya masuk apa. siapin bahasa inggrismu jauh jauh sebelumnya. Memang di Australi ada program untuk persiapan bahasa Inggris sebelum start Uni, tapi akan jauh lebih murah kalo nyiapin bahasa inggrisnya di indonesia aja. bayangin di Australi bisa sampek AU$5000hanya untuk bahasa inggris, kan eman2. Jadi ambil bahasa inggrisnya mending di Indo aja. Cari kursus bahasa inggris yang ngajarin IELTS, soalnya untuk sekolah di Australi, mereka mintanya IELTS bukan TOEFL. Aku dulu ngambil kursusnya di IALF. Setelah kursus, ambil test IELTS, syaratnya kalo gak berubah: 5.5 untuk degree, 6.0 untuk Master, 6.5 untuk Phd.Hasil test IELTS valid untuk 12 bulan.

3. Cari sekolah. ini bisa lewat biro jasa seperti IDP, atau bisa ndaftar ke sekolahnya sendiri. paling gampang sih memang lewat biro seperti IDP, apa lagi dalam pengurusan Visanya.biro jasa pendidikan juga bisa nyediain informasi tentang akomodasi juga.

4. kalo dah sampek sana, kamu bisa ngurus visa untuk kerja. visa student yang keluar biasanya tidak memperbolehkan kamu untuk kerja, jadi kamu kudu ganti visa student yang ada working permitnya setelah sampek sana. biasanya untuk student kamu di beri batasan 20jam per minggu untuk kerja, kecuali pas liburan, kamu bisa kerja sebanyak2nya.

ya wes sampek sini dulu. aku capek buanget. nanti tak lanjutin lagi.

No comments:

Post a Comment

Visitors Counter

free counters