Saturday, March 14, 2009

tipe yang ngerumat

lagi lagi saya teringat omongan dari gondo sepupu saya tentang istrinya. begini kejadiannya, karen percakapan saya dengan dia terjadi menggunakan bahasa suroboyoan, maka akan saya terjemahkan se mampu saya ke dalam bahasa indonesia:
gondo: bojoku iki tipe-tipe wong wedhok sing ngerumat. (istriku ini adalah tipe wanita yang suka merawat)
saya: maksute yo'opo iku ndo??(maksudnya bagaimana itu, ndo??)
gondo: maksute, bojoku iku senengane ngerumat aku ben aku iso ngganteng.(maksudnya, istriku ini sukanya merawat saya supaya saya bisa kelihatan tampan)
saya:...tapi sampek saiki pancet gak sukses yo?? hahaha (...tapi sampai sekarang tetap tidak berhasil ya?? hahahaha (terbukti bahwa "hahaha" itu merupakan bahasa universal, "hahaha" diterjemahkan dalam bahasa apapun, artinya tetap "hahaha"))
gondo: lho iku sengojo di. (lho itu memang didisengaja, di)
saya: lho kok iso? (lho kok bisa)
gondo: iyo, bojoku senengane ngerumat aku ben iso ketok ngganteng, dadi aku gak oleh ngganteng, soale begitu aku ngganteng, bojoku maleh gak seneng maneh, solae wes ngganteng, gak perlu dirumat maneh. mangkane aku gak oleh ngganteng ben dirumat terus. (walaupun kalimatnya panjang, akan saya coba untuk menerjemahkan, Bismillahirohmannirohim, "iya, istriku itu suka merawat saya biar saya kelihatan tampan, jadi saya gak boleh tampan, karena begitu saya keliatan tampan, istri saya jadi tidak suka lagi,karena saya sudah tampan, dan tidak perlu dirawat lagi, oleh sebab itu saya tidak boleh tampan biar dirawat terus.")
saya: oooo...ngono ta? (oooo...begitu to)

hikmah yang bisa kita ambil:
kita harus bisa mengambil sisi baik dari apapun kondisi yang kita punyai, baik maupun buruk. (dalam kata lain, yah harus bisa menghibur diri sendiri lah, kalo kita punya wajah elek, ya brarti mungkin ada yang lebih elek dari kita,haha. bagi orang elek yang sudah berpasanga, berarti pasangan anda sudah bisa melihat sisi baik anda atau inner beauty anda, bagi orang elek yang masih njomblo, berdo'alah, mudah mudahan masih ada cewek/cowok yang mau menurunkan standartnya untuk menerima anda. hahaha)


matur suwun, mas gondo ya.....
p.s. maaf kalo terjemahan basaha indonesia saya masih kacau, ityu myungkyin kyarnya syaya wyes keysuwyen ning ostryalya.

No comments:

Post a Comment

Visitors Counter

free counters